Keberagaman memiliki potensi negatif apabila?

Keberagaman memiliki potensi negatif apabila? tidak dilandasi kesadaran akan toleransi. Apalagi di negara Indonesia terdapat berbagai agama, ras, bahasa dan suku bangsa yang berbeda-beda, sehingga jika masyarakatnya tidak saling menghargai dapat memunculkan konflik.

Keberagaman memiliki potensi negatif apabila?

Keberagaman merupakan kondisi dimana di dalam masyarakat terdapat banyak perbedaan baik berupa jenis kelamin, agama, politik dan ideologi.

Maka tidak heran karena kondisi tersebut membuat semboyan bhinneka tunggal Ika tercipta di tengah-tengah penduduk Indonesia.

Keberagaman yang ada di negara Indonesia ini dapat dijadikan sebagai salah satu alat pemersatu bangsa.

Namun untuk menciptakannya diperlukan kesadaran masyarakat tentang pentingnya persatuan dan kesatuan.

Tidak hanya itu keberagaman memiliki potensi negatif apabila tidak dilandasi kesadaran akan toleransi.

Oleh karena itu sebagai warga negara Indonesia yang baik harus saling menghargai dan menghormati terhadap segala perbedaan.

Mengenal Toleransi Keberagaman

Dilansir dari Gokemedia Toleransi merupakan sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada antar kelompok atau individu.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya konflik baik internal maupun eksternal.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari sikap toleransi antara lain menciptakan lingkungan yang damai, terwujudnya kerukunan berbangsa dan bernegara, mempererat tali persaudaraan, meningkatkan jiwa nasionalisme dan mempercepat pembangunan nasional.

Contoh toleransi yang itu menghargai setiap budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah di Indonesia, tidak membeda-bedakan kurang berdasarkan suku, saling tolong-menolong kepada sesama.

Semangat Persatuan dan Kesatuan

Keberagaman dapat meningkatkan solidaritas bangsa jika adanya semangat persatuan dan kesatuan antar masyarakatnya.

Sikap ini juga bisa membuat kehidupan terasa nyaman, tentram dan damai karena setiap orang saling menghargai.

Di Indonesia sendiri ada salah satu prinsip persatuan dan kesatuan yaitu bineka tunggal ika yang memiliki makna untuk saling mengakui bahwa bangsa Indonesia memiliki beragam suku bangsa, agama dan adat istiadat.

Semboyan itu digunakan untuk menggambarkan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan.

Dengan adanya prinsip tersebut dapat menjauhkan masyarakat dari diskriminasi, sehingga potensi negatif akibat keberagaman dapat dicegah.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa keberagaman memiliki potensi negatif apabila tidak dilandasi kesadaran akan toleransi dan semangat persatuan antar masyarakat yang ada di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.