Rincian Biaya Bangunan Rumah 100 Juta

Tak jarang saat orang ingin melakukan pembangunan rumah mereka telah memiliki anggaran terlebih dahulu. Pembangunan rumah dan segala prosesnya harus sesuai dengan budget yang mereka miliki. Lantas bagaimana rincian bangun rumah dengan anggaran 100 juta?

Membangun Rumah Dengan Anggaran 100 Juta

Memiliki anggaran Rp100 juta untuk membangun rumah bukan sebuah kendala. Cukup dengan biaya tersebut seseorang sudah bisa memiliki rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya dalam prosesnya tidak berantakan dan terjadi pembengkakan harga.

Rincian Biaya Bangunan Rumah 100 Juta

  • Bangun Rumah Modal 100 Juta

Apabila memiliki budget 100 juta untuk rumah namun ingin langsung membeli rumah jadi, maka rumah 1 lantai dengan type 36 sudah bisa menjadi solusinya. Pemilik budget sudah tidak perlu pusing memikirkan biaya material maupun upah kerja karena sudah termasuk di dalamnya.

Namun apabila ingin membangun rumah sendiri, maka seluruh proses pembangunan harus diperhitungkan dengan matang, mulai dari ukuran bangunan, material yang digunakan, hingga kebutuhan ruangnya. Rumah ini sangat cocok untuk sebuah keluarga kecil.

  • Tips Membangun Rumah Modal 100 Juta

Berbagai hal mempengaruhi biaya pembangunan rumah, mulai dari bayaran pekerja hingga pemilihan material. Ada beberapa tips dan cara dalam pemilihan material bahan bangunan yang bisa menjadi referensi pada website https://plafon.id.

  • Membuat Perencanaan

Perencanaan merupakan hal krusial dari setiap langkah pembangunan. Rencana awal dari bangun rumah dengan modal 100 juta adalah membuat desain model rumah. Masukkan model sesuai keinginan, seperti model tipe 36 minimalis kemudian tulis setiap detail ruangan yang dibutuhkan.

Untuk pasangan baru mungkin hanya membutuhkan satu buah kamar tidur dan tambahan satu kamar lagi untuk tamu. Namun untuk sebuah keluarga kecil setidaknya harus ada dua kamar tidur untuk digunakan. Intinya, model rumah menjadi hal pertama yang harus dipikirkan.

  • Membuat Anggaran

Setelah perencanaan siap, langkah berikutnya adalah menghitung volume pekerjaan dan harga dari tiap satuannya. Ada berbagaai elemen penting pekerjaan yang harus dihitung per satuan m2 ataupun m3. Harga pasar sebaiknya ditentukan berdasarkan harga pasar tiap unitnya.

Jangan lupa untuk menghitung setiap detail material seperti pondasi, semen, pasir, pintu, paku, genteng, dan baru bata. Tulis range perkiraan harga karena sifat harga yang bisa naik turun setiap waktu.

  • Tenaga Kerja

Ada tiga cara bayaran untuk para pekerja bangunan, yaitu sistem harian, mingguan, atau borongan. Namun ada yang lebih penting dari itu, yaitu memilih pekerja yang bertanggung jawab dan cepat dalam mengerjakan tugasnya.

Dapatkan pekerja sesuai keinginan dengan mencari referensi melalui keluarga, kerabat, teman, tetangga, atau siapa saja yang sudah mencoba menggunakan jasa pekerja tersebut. Tetap selektif dalam pemilihan agar dapat hasil memuaskan nantinya.

Demikian beberapa pembahasan mengenai membangun rumah dengan anggaran 100 juta beserta beberapa tips dalam pelaksanaannya. Sebelum melakukan pengerjaan, sebaiknya perencanaan sudah tersusun dengan sangat matang.